Ringkasan Salah Satu Karakter Protagonis Game Heavy Rain Yang Bernama Norman Jayden

Jayden adalah anggota FBI yang berdedikasi dan teliti, dikirim untuk membantu kepolisian dalam penyelidikan Pembunuh Origami. Dia menggunakan perangkat eksperimental yang disebut ARI (Added Reality Interface), yang memungkinkan dia untuk menyelidiki TKP dan menganalisis bukti dengan cara yang efisien. Dia juga berjuang melawan kecanduannya pada obat fiksi yang disebut Triptocaine dan penarikan.

Seperti kebanyakan karakter lain dalam permainan (tidak termasuk Scott Shelby), sedikit atau tidak ada yang diketahui tentang kehidupan Jayden sebelum peristiwa permainan. Dia dikirim oleh markas FBI di Washington, D.C. untuk membantu kasus Pembunuh Origami. Selain menjadi profiler FBI yang terkenal, ia juga memiliki gelar dalam psikologi kriminal. Jayden menggunakan Triptocaine untuk melawan efek dari kacamata ARI tetapi mengembangkan kecanduan untuk itu. Tidak diketahui bagaimana dia mendapatkan bekas luka di pipi kanannya. Wawasan tentang kehidupan masa lalu Jayden dan subjek tersebut pada awalnya dimaksudkan untuk dijelaskan dalam episode Heavy Rain Chronicles-nya; sementara satu episode telah dirilis, pengembangan Heavy Rain Chronicles telah ditunda untuk waktu yang tidak ditentukan. Dari sedikit yang kita ketahui saat ini, Jayden kehilangan rekannya di FBI di beberapa titik, yang mungkin telah dieksplorasi lebih lanjut dalam episode Heavy Rain Chronicles-nya. Mitra Jayden untuk sebagian besar permainan adalah Carter Blake, seorang letnan polisi yang kasar dan brutal yang secara bertahap akan dibenci Jayden.

Jayden adalah profiler FBI yang cerdas dan berdedikasi yang menggunakan akalnya alih-alih nalurinya untuk menyelesaikan kejahatan. Dia juga agak asosial dan tampak seperti tidak terbiasa bersosialisasi dengan orang lain di luar tugasnya sebagai penyidik (dibuktikan dengan kecanggungannya pada obrolan ringan di bab pertamanya). Dia tampil simpatik, tampak memahami orang karena pengetahuannya tentang psikologi dan sangat putus asa jika dia dipaksa untuk membunuh seseorang. Jayden tampak agak kesepian; tidak seperti karakter lain, dia tampaknya tidak memiliki keluarga atau teman, juga tidak memiliki kehidupan cinta.

Dalam permainan, satu-satunya perhatiannya adalah menyelamatkan Shaun Mars. Faktanya, jika Shaun diselamatkan (tetapi tidak olehnya), maka dia akan benar-benar mengundurkan diri dari FBI (mengisyaratkan simpati tingkat tinggi untuk bocah itu). Jika Shaun tenggelam, rasa bersalah Jayden dan kecanduan Triptocaine akan menguasainya dan membunuhnya di epilog.

Meskipun Jayden biasanya tenang dan terkendali, ia dapat memiliki sedikit temperamen dan sering menyerang orang-orang yang memprovokasi dia. Dalam pilihan dialog tertentu, dia terlihat menyindir. Pada paruh kedua permainan, dia menunjukkan bahwa dia tidak berlebihan menggunakan kekerasan atau mengancam orang lain jika diprovokasi, dibuktikan dengan dia menangkap pengawal Paco di Blue Lagoon ketika dia menolak untuk menjawab pertanyaannya, atau ketika dia menginterogasi Jackson Neville (di mana dia bisa mengancam untuk menembakkan tong bensin dan menyalakannya, atau memukul hidung Neville, memecahkannya.